Pengalaman Membuat Visa Kerja Jepang

Photo by pixabay

Halo semuanya, masih berkaitan tentang cerita saya sebelumnya mengenai Alih Bahasa dan CoE, kali ini saya akan membagikan pengalaman saya membuat Visa Kerja Jepang.

Seperti cerita saya sebelumnya, saya berkesempatan untuk pindah ke Tokyo, Jepang dalam rangka bekerja. Maka dari itu setelah mempunyai CoE, saya harus membuat Visa untuk tujuan khusus.

Lalu, syarat apa saja yang diperlukan? Untuk kasus saya, tidak terlalu banyak dokumen yang diperlukan. Namun sedikit berbeda karena saya membuatnya dalam masa pandemi Covid-19. Lokasi pembuatan adalah di kantor VFS Global yang beralamat di Kuningan City Mall, 2nd floor No. L2–09A, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940 — Indonesia. Namun sebelumnya kita harus membuat janji temu, yang bisa dilakukan melalui situs ini https://www.vfsglobal.com/japan/indonesia/schedule-an-appointment.html

Dan setelah kita mendapatkan jadwal berkunjung, kita harus datang sesuai waktu yang kita pilih dengan membawa dokumen yang kita butuhkan saja. Karena ada beberapa barang yang tidak boleh kita bawa masuk (ada daftar barang yang tidak boleh kita bawa, bisa dicek lebih lanjut di PDF yang dikirim via email setelah kita membuat janji temu) termasuk laptop, dan jika kita datang sendiri (tidak ada yang bisa kita titipi) harus dititipkan di bagian informasi dan mendapat biaya sebesar Rp. 30.000.

Berikut dokumen yang saya ajukan ke VFS Global.

  1. Formulir Special Visit with CoE [source].
  2. Paspor dengan masa berlaku lebih dari 6 bulan.
  3. Formulir Aplikasi Visa [source].
  4. Foto ukuran 4.5x4.5cm background putih yang diambil 6 bulan terakhir dan ditempel di Formulir Aplikasi Visa.
  5. Fotokopi KTP bagian depan (Foto dan Biodata).
  6. Certificate of Eligibility (CoE) asli dan fotokopi.
  7. Surat Perjanjian Tertulis [source] 2 set (dokumen ini saya terima bersamaan dengan CoE).
Dokumen Pengajuan Visa

Namun ada beberapa hal yang menjadi catatan saya dalam pengajuan kali ini dan mungkin berguna bagi teman-teman:

  1. Formulir Aplikasi Visa saya isi menggunakan tulisan tangan.
  2. Pada Formulir Aplikasi Visa, bagian Lama tinggal di Jepang diisi sesuai status di CoE, untuk saya adalah 3 tahun.
  3. Pada Formulir Aplikasi Visa, jika belum mempunyai tiket perjalanan (pesawat) tetap mengisi informasi kedatangan namun masih dalam bentuk rencana.
  4. Masih pada Formulir Aplikasi Visa, untuk informasi tempat tinggal, jika belum ada alamat pasti, bisa diisikan alamat kantor yang ada di Jepang.
  5. Untuk Surat Perjanjian Tertulis, harap di centang pada kotak sebelah kalimat 入国拒否の対象地域から入国する場合、右欄にチェックを入れること
  6. Selain itu, untuk Surat Perjanjian Tertulis harap diisikan nomor Jepang yang sudah terinstall LINE di halaman 3 pada bagian bawah kalimat LINEアプリをインストールするスマートフォンの電話番号(日本国内の電話番号に限る)は以下に 記載のとおり。

Setelah selesai dengan dokumen tersebut dibagian SO, selanjutnya adalah pembayaran di Cashier. Biaya yang saya keluarkan adalah Rp. 670.000 dengan rincian sebagai berikut:

  1. Visa Fees Rp. 390.000
  2. VFS Fees Rp. 180.000
  3. Courier Fees Rp. 100.000

Kenapa saya menggunakan Courier Fees? Karena domilisi saya di Yogyakarta, dan lebih baik dikirimkan daripada saya harus stay di Jakarta sampai 5 hari kerja ke depan hanya untuk mengambil secara mandiri. Sedangkan jika Paspor dan Visa dikirimkan, saya bisa langsung kembali ke Yogyakarta hari itu juga.

Dan semua proses dari masuk sampai selesai cukup singkat, yakni 30 menit. Karena waktu itu sangat sepi, sehingga saya masuk langsung ke bagian SO. Jika dokumen sudah lengkap semua, mungkin bisa lebih cepat lagi. Karena dalam kasus saya kemarin saya perlu melengkapi informasi di tempat sesuai catatan saya diatas sampai perlu bertanya langsung ke HR perusahaan.

Untuk proses pembuatan Visa, dari pihak VFS Global memberikan waktu estimasi sekitar 5 hari kerja. Dan pengiriman dalam 2 hari. Kemudian berkas yang akan dikirimkan adalah Paspor, Visa, CoE dan Written Pledge (1 set).

Namun pada kenyataannya, Visa selesai lebih cepat! Hanya dalam 3 hari kerja, saya sudah menerima email tentang status Visa yang bisa diambil. Namun karena saya memilih dikirim, saya harus menunggu sekitar 2 hari.

Paspor, Visa dan Written Pledge Yang Dikirim

Itu saja mungkin yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat!! Terima kasih!!

Software Engineer | Traveler | Guitarist | J-Lovers

Software Engineer | Traveler | Guitarist | J-Lovers